h1

Printer Tidak dapat Mencetak

March 1, 2011

Jika anda mengalami masalah dengan printer yang tidak dapat dapat digunakan untuk mencetak,berikut beberapa informasi dan tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Periksa koneksi printer dengan jaringan listrik, pastikan kabel power telah dicolokkan ke konektor (stop kontak) dengan sempurna.
  • Pastikan saklar “ON/OFF” dalam posisi “ON”, beberapa printer memiliki indikator Led yang menyala apabila printer di ON-kan, namun beberapa printer tidak memiliki Led sebagai indikator sebagai contoh printer lama BJC 1000, S100,dll. Anda dapat mengenai dari pergerakan motor stepper (yang menggerakkan Head Printer), kalau sama sekali tidak bergerak, biasanya kerusakan terjadi pada power suplay-nya. Namun apabila Power suplay diperikasa dengan Volt Meter / AVO meter dalam keadaan baik, dan saat kabel data-nya dikoneksikan ke komputer dan terdeteksi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat masalah pada Mainboard-nya.
  • Periksalah koneksi kabel data printer, apakah sudah terhubung dengan benar. Bila sudah benar, cobalah dengan mengunakan kabel data yang lain yang kondisinya baik (dapat berfungsi pada printer lain), bagian kabel data, atau retaknya solderan kabel terhadap konektor kabel data, namun Anda jangan terburu-buru untuk membeli kabel data, Anda dapat meminjam milik teman Anda untuk memastikan permasalahannya.
  • Pastikan Driver Printer telah terinstalasikan dengan baik, periksa juga port settingnya apakah sudah benar atau tidak (opsi ini dapat Anda lihat melalui menu properties printer).
  • Cobalah untuk merubah setting printer Anda menjadi “Default Printer” atau cobalah untuk melakukan instalasi ulang driver untuk printer Anda dengan nama printer yang lain dan ubahlah instalasi baru tersebut sebagai “Default Printer”.
  • Pastikan Anda memiliki space hardisk yang mencukupi. Kadang jika buffer tidak cukup maka data tidak dapat dikirim ke printer dengan sempurna.
  • Cobalah untuk merubah setting “spooler” untuk printer Anda melalui menu properties printer. Fitur “spooler” ini digunakan dengan tujuan agar Anda tetap dapat menjalankan aplikasi ketika dilakukan pencetakan dokumen.
  • Perksalah apakah ada resource yang konflik dengan port yang digunakan oleh printer anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: