h1

Web Browser dan Macam-Macamnya

January 8, 2011

Web browser atau biasa si sebut browser,merupakan sarana yang digunakan pengguna internet untuk melakukan browsing(surfing) web/blog  di internet.Browser mampu menterjemahkan bahasa pemrograman website dari server side(php,asp) dan client side (java-script vb-script) menjadi tampilan GUI  yang enak di lihat.

Berikut ini ada beberapa web browser yang sangat terkenal,yang dapat kita gunakan untuk berselancar di Internet.Silahkan pilih sesuai dengan kebutahan anda.

Internet Explorer
Internet Explorer atau biasa disingkat IE atau MSIE,adalah sebuah aplikasi web browser pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 in 1995.Internet Explorer tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8.

Firefox
Mozilla Firefox aslinya bernama Phoenix dan kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird.Firefox adalah salah satu web browser open source yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.Firefox di dukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Opera
Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company.Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia.Web Browser yang memperkenalkan teknologi baru yaitu Opera Unit ini,dapat berjalan di berbagai sistem operasi,termasuk Microsoft Windows,Mac OS X, Solaris,FreeBSD dan Linux.

Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3.

Google Chrome
Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google menggunakan WebKit layout engine and application framework.Proyek open sourcenya sendiri dinamakan Chromium.Pertama kali Google Chrome Web Browser dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008,dalam 43 bahasa.Sedangkan rilis stabil pada 11 Desember 2008.

Flock
Flock adalah web browser yang mempunyai spesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan interfacenya.Pada tanggal 16 Juni 2008,flock web browser dibuat dengan menggunakan codebase Mozilla Firefox.Flock Web Browser dapat diunduh secara gratis,dan mendukung platform Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Avant
Avant Browser merupakan web browser yang cepat,stabil,user-friendly, dan merupakan multiwindow browser.Walaupun engine yang dipakai adalah engine Internet Explorer,tetapi tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.

Deepnet
Deepnet Explorer adalah sebuah web browser yang sudah mendukung fitur tab browsing untuk halaman multiple.

K-Meleon
K-Meleon merupakan nama sebuah web browser gratis dan open source yang menggunakan platform Gecko (rendering engine-nya Mozilla). Versi terbaru browser K-Meleon ini adalah K-Meleon 1.1.6.

Netscape
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu.

Maxthon
Maxthon nerupakan sebuah web browser yang dipergunakan untuk system operasi windows XP,yang hadir padatahun 2003.Maxthon sering disebut dengan MyIE2, dikarenakan menggunakan sistem “tab” yang menjadi daya tarik utama browser sekarang.Maxthon web browser menyediakan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan bagi pengguna pengguna internet,seperti mouse gesture,anti freeze,atau magic fill dimana dengan satu kali klik seluruh form isian akan terisi.

Arora
Arora merupakan web browser antar platform kelas ringan yang menggunakan teknologi port QtWebKit dari mesin perambah WebKit layout.Arora dibekali dengan fitur rendering yang cepat,powerful JavaScript engine,dan didukung oleh plugin dari Netscape.Arora web browser dapat di gunakan pada berbagai sistem operasi,seperti : Windows,Mac OS X,Linux

Amaya
Selain sebagai web browser,amaya yang merupakan aplikasi web browser open source ini juga mempunyai fungsi lain sebagai web editor.Fitur-fitur yang ada pada browser ini sepertinya diintegrasikan dengan fasilitas editing dan remote access pada berbagai fungsi.Amaya dikembangkan oleh W3c,dapat berjalan di berbagai Operating System seperti:Windows,Mac OS X,Linux.

Stainless
Stainless web browser mempunyai fitur yang tidak akan anda temui pada chrome atau browser lainnya.Salah satu contohnya adalah parallel sessions,yang mana kita dapat masuk ke dalam situs yang sama dengan akun yang berbeda pada tabs yang berbeda di saat yang sama.Stainless web browser dapat digunakan pada System Operasi Mac OS X

Cruz
Cruz merupakan web browser baru yang digunakan untuk operating system Mac OS X dengan fasilitas built-in Twitter.Dengan browser ini,pengguna internet dapat melihat status Twitter Timeline dan “@” pada area split pane ketika sedang membuka situs lain.Cruz juga dapat langsung membuka Timeline Twitter anda pada banyak tabs atau membuka halaman berkali-kali pada split view. Cruz Browser juga mempunyai open plug-in API untuk mendukung fasilitas browser lainnya.

Sunrise
Sunrise adalah web browser open-source yang didesain agar mudah digunakan dengan menggunakan fitur-fitur yang mudah diakses.Jendela utama dari Sunrise adalah browser,bookmarks,download, source code dan find bars.Sunrise Web Browser yang berjalan berdasar pada WebKit ini dapat digunakan pada operating system Mac OS X

SeaMonkey
SeaMonkey web browser mempunyai tujuan khusus,yaitu menjadi aplikasi internet “all-in-one“. Tidak hanya berfungsi sebagai web browser,SeaMonkey juga mempunyai fasilitas untuk membuka email,newsgroup dengan feed reader,HTML editor,IRC chat dan web development tools.Pengguna Internet dapat menggunakan SeaMonkey web browser pada Operating System: Mac OS X, Windows, Linux.

Lunascape
Lunascape merupakan web browser pertama dan satu-satunya yang menggunakan tiga browser engine,yaitu IE (Trident),Firefox (Gecko),Chrome-Safari (Webkit).Pengguna Lunascape web browser dapat memilih engine yang pas pada waktu yang tepat dan mengetahui web browser mana yang tepat untuk digunakan,mengukur waktu loading halaman,dan mengetahui tampilan antar browser.Lunascape juga didukung oleh perluasan array pada add-ons firefox untuk diintegrasikan pada add-ons Internet Explorer.Lunascape web browser dapat dijalankan pada System Operasi Windows

SlimBrowser
SlimBrowser merupakan tab-browser yang digunakan pada sisten operasi  Windows.SlimBrowser mempunyai fitur-fitur lengkap serta tingkat keamanan tinggi.Dengan menggunakan browser ini,pengguna SlimBrowser dapat menghemat waktu dalam mengisi form dengan menggunakan intelligent form filter.

Midori
Midori merupakan web browser ringan yang didukung oleh WebKit,web browser ini dapat berjaan pada sistem operasi Linux dan Windows.Midori dilengkapi dengan beberapa fitur seperti:user scripts, styles support,dan customizable interface.

Camino
Camino merupakan web browser open source yang dapat digunakan pada Sistem Operasi Mac OS X.Camino Web Browser dikembangkan khusus untuk menyediakan pengalaman terbaik pada pengguna Mac OS X.Camino Web Browser dilengkapi beberapa fitur seperti: annoyance blocking, malware protection, dan tab overview dimana anda dapat melihat konten tabs dengan sekilas.

PhaseOut
PhaseOut merupakan aplikasi web browser yang memungkinkan beberapa pencarian dengan mesin pencari utama hanya dengan melakukan satu klik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: