h1

Tips Memilih RAM

January 9, 2010

Memory premium seperti Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme jika di perhitungkan akan lebih mahal dari pada memory dari produsen Visipro atau Vgen.Tetapi jika Anda membandingkan 2 jenis memory yang dilihat dari merk tersebut dengan mencoba masing2 dari RAM tersebut,akan sama juga rasanya.Kenapa?dimana letak perbedaaanya?

Yang membedakan kinerja dari masing-masing RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan.jadi,para produsen membeli chip tersebut dari produsen lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut.Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen, dll mempunyai chip yang sama.

Perbedaan kinerja pada saat standar tidak akan terasa,mungkin hanya akan terasa pada saat benchmark memory.Tetapi pada penggunaan sehari-hari tidak akan terasa perbedaan kecepatannnya dengan memory standar value seperti Visipro value, Vgen value dll. Untuk value RAM kebanyakan yang beredar di pasar menggunakan IC (chip) Samsung dan Hynix(Hyundai).Nama chip dengan mudah dilihat di atas IC yang menempel di memory

Mungkin akan lebih susah untuk mengetahui nama chip pada beberapa memory premium,bisa di sebabkan karena memory tertutup heatsink dan beberapa diantaranya tidak mengijinkan pembukaan heatsink-nya (alasan garansi).

Memilih RAM yang mempunyai kinerja bagus tidaklah dilihat dari mereknya,atau bentuk fisik dan harganya.Kalau harga RAM sampai 1 juta sekalipun dengan heatsink macem-macem dan bentuk yang terlihat sangar tapi dijalanin default,bukankah itu sia-sia? Punya RAM jutaan dengan heatsink macem-macem tapi chipnya Hynix atau samsung juga sama aja dibohongi.

Yang perlu diperhatikan adalah karakteristik dari chip yang dipakainya,itulah yang akan menentukan kinerja dari RAM.Dan perlu diperhatikan juga,bahwa kinerja seluruh RAM apabila dijalankan default adalah sama.Bedanya pada saat benchmark default,itupun juga dengan point terpaut sedikit.Jadi percuma dong kita membeli RAM bagus tapi dijalanin default.Kualitas RAM yang biasanya dilambangkan dari harga-nya dapat dilihat dari kemampuannya untuk berjalan di timing ketat dan juga frekuensi tinggi (overclocking).

Jika anda angan ingin membeli RAM,silahkan menyesuaikan dengan kebutuhan anda.Jika keperluannya untuk pemakaian sehari-hari (default),jangan memaksakan diri untuk membeli RAM yang menggunakan chip sangar(bagus),yang masuk dalam kategori Overclocking Edition.Anda bisa menggunakan RAM yang value kan lebih hemat.Tapi jika ingin digunakan untuk tujuan overclocking, silahkan membeli RAM yang chipsetnya bagus,dan didukung pendingin heatsink,kipas sekalian kayak produknya corsair.Catatan,jangan terpengaruh Heatsink untuk membeli RAM.Semoga bermanfaat……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: