h1

Membuat Flash disk aman dari autorun virus

October 27, 2009

Cara kerja penularan virus lewat media flashdisk. sebenarnya sangat simple, ketika flashdisk dicolokan kedalam port usb virus yang sedang berjalan tinggal men-copy dirinya sendiri ke dalam flashdisk, dan tidak lupa pula dengan membuat file “autorun.inf” yang letak file-nya kasat mata sehingga tidak dapat dilihat.File inilah yang akan kita edit agar virusnya tidak dapat menjalankan dirinya di komputer kita.

Cara yang pertama dengan mengedit secara manual dengan menggunakan notepad atau wordpad. Diasumsikan flashdisk kita yang telah dicolokan kedalam komputer (yang telah terinfeksi) beralamat “F:\”, maka silahkan mencoba membuka file “F:\autorun.inf” lalu enter. Lalu notepad akan terbuka secara otomatis dengan beberapa mantra didalamnya, setelah itu kita tinggal mengedit mantra tersebut dengan memblock semua mantra tersebut ( CTRL + A ) lalu hapus ( backspace atau DEL ) lalu anda bisa membiarkannya kosong lalu tekan CTRL + S untuk menyimpanya.

Tetapi jika file tersebut memiliki attribute “read-only”,tidak dapat mengeditnya secara manual.Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya:

  • Buka aplikasi notepad Tuliskan “del /a:r (alamat drive FDD):\autorun.inf” (tnp tanda petik) lalu enter.
  • Langkah selajutnya adalah menulis : “echo ‘terserah tulisan apa’ >(alamat drive FDD):\autorun.inf&attrib +r (alamat drive FDD):\autorun.inf” (tnp tanda petik juga).
  • Lalu simpan file tersebut dengan nama file terserah anda dan path-nya terserah anda juga, tetapi extension-nya harus “.bat”
  • Jalankan file yang baru anda buat tersebut
  • Buka kembali windows explorer
  • Pada bagian address tuliskan “(alamat drive):\autorun.inf”, lalu tekan ENTER.
  • Maka aplikasi notepad akan muncul lagi sambil menampilkan beberapa tulisan.

Setelah anda melakukan beberapa langkah tadi, virus tidak dapat menjalankan dirinya di komputer lain ketika kita mencolokan flashdisk kita kedalam port usb-nya. Tetapi dapat ditemui,virus-virus dari komputer yang terinfeksi tersebut masih ada di dalam flashdisk.

Untuk hal ini,silahkan percayakan pada antivirus yang ada pada computer yang terpasang USB flashdisk tersebut. Adakalanya langkah-langkah di atas kurang membantu,karena saya sendiri baru mencoba-coba.Dan mencari langkah-langkah baru untuk menyelesaikan masalah virus yang sering melanda computer.Tapi,tidak ada salahnya anda mencoba.Terimakasih kunjunganya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: