h1

Kipas Pendingin Pada Cassing

October 14, 2009

Bagi sebagian orang,kipas pendingin hanya merupakan komponen pelengkap dalam satu computer.Bahkan,tidak sedikit yang mengabaikan komponen yang satu ini.Tetapi sebenarnya kipas pendingin dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap kinerja system computer.

Dengan pemilihan kipas pendingin yang tepat,maka dapat memberikan sirkulasi udara yang lancar di dalam cassing computer yang digunakan.Dengan begitu ,hal ini akan sangat berpengaruh pada kinerja computer dan keawetan dari komponen-komponen nya.

Jika suhu dalam casing computer tidak stabil,dapat mengakibatkan kerusakan atau crash pada komponen-komponennya. Alasan dari tidak stabilnya suhu dalam casing dapat merusak komponen computer adalah,bahwa temperature yang tinggi akan menyebabkan kerugian elektromigasi atau oksidasi yang dapat mengakibatkan kegagalan sebuah proses.Survey yang dilakukan beberapa ahli menyimpulkan bahwa paningkatan suhu 10 derajad celcius akan mengurangi separuh dari waktu hidup chip.Hal lain yang dapat ditimbulkan adalah terjadinya regulasi tegangan (VRM) yang mensuplai tegangan – tegangan untuk core dan I/O.Pekerjaan VRM menjadi pasif sehingga dapat menimbulkan panas yang lebih besar pada PC.

Selain kipas pendingin pada cassing,ada pula kipas harddisk dan heatsink atau pendingin processor.Untuk jenis kipas pendingin lainya,akan saya informasikan dilain waktu.TErimakasih kunjunganya,semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: