h1

Random Acess Memory

September 11, 2009

Processor merupakan komponen yang memiliki prosentase terbesar untuk menentukan kinerja computer,sedangkan Random Acess Memory (RAM) adalah pendukung utama processor dalam menentukan kinerja computer.

RAM merupakan komponen yang bertugas menyimpan semua data yang dimasukan oleh komponen input.Jadi semakin besar kapasitas RAM,maka akan semakin cepat proses yang dilakukan oleh computer.Pada generasi computer berprocessor 80286,rata-rata Ram yang digunakan saat itu mempunyai kemampuan 4-8 Mega Byte.Sekarang dengan kemajuan teknologi sudah diciptakan RAM dengan kemampuan yang sangat tinggi sampai 2 Giga Byte per kepingnya.

Secara umum,RAM dibagi menjadi dua yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM).Static RAM merupakan RAM yang dapat diperhatikan data di dalamnya tanpa perlu disegarkan secara berkala.Sedangkan Dynamic RAM perlu disegarkan secara berkala untuk mempertahankan isinya.Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat dari pada SRAM.

Dari sisi teknologi yang dimiliknya,RAM mempunyai beberapa tipe yaitu:

Fast page Memory (FPM),tipe ini sudah tidak dikembangkan lagi.

Extended Data Out RAM (EDO RAM).Tipe ini juga sudah tidak dikembangkan.

SD-RAM,tipe yang lebih fleksibel disbanding dengan pendahulunya EDO-RAM karena tidak perlu dipasang berdampingan.Anda boleh memasang hanya satu modul saja dari slot yang dimiliki oleh Motherboard .

RD-RAM,yang disebut juga dengan nama Rambus sesuai dengan nama perusahaan pembuatnya.Slot dari RD-RAM hamper sama dengan SD-RAM,tetapi RAM jenis ini tidak bisa ditempatkan pada slot SD-RAM.Berbeda dengan SD-RAM,anda harus mengisi penuh semua slot yang ada pada Motherboard.Jika anda memiliki hanya satu keeping RD-RAM,maka pada slot-slot yang kosong dapat diisi dengan modul-modul dummy untuk melengkapi.

DDR-RAM,singkatan dari Double Data Rate-RAM.Mempunyai kecepatan dua kali lebih sepat dari SD-RAM.Tetapi sering RAM jenis ini tidak compatible dengan system-sistem yang lebih lama.Untuk menggunakan DDR-RAM,computer harus memiliki processor yang cukup cepat sehingga mampu menengani bandwith ekstra yang dihasilkan DDR-RAM tersebut.

Jenis keluaran terbaru adalah DDR 2 yang mempunyai acess data lebih cepat karena kapasitasnya yang cenderung lebih besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: