h1

Bunyi Kipas Terlalu Berisik

August 27, 2009

Pernahkah anda merasa terganggu dalam beraktivitas menggunakan computer hanya karena mendengar bunyi kipas yang terlalu berisik.Entah kipas cassing atau kipas heatsink,bunyi berisik yang di hasilkan ketika kipas mengalami kerusakan tetap saja mengganggu konsentrasi saat bekerja menggunakan computer.

Kejadian tersebut bias di akibatkan karena adanya benda lain dalam casing yang menyangkut pada baling-baling kipas,sehingga ketika kipas berputar akan mengenai benda tersebut dan menghasilkan bunyi yang kurang nyaman untuk di perdengarkan.

Untuk memperbaikinya.Silahkan matikan computer anda,buka casing.Dalam keadaan terbuka hidupkan computer kembali agar benda yang menyangkut pada baling-baling kipas atau penyebab bunyi berisik tersebut dapat terlihat.Coba perhatikan baik-baik,terutama kabel-kabel yang berserabutan.Anda juga dapat memeriksa benda2 lain,semisal kotoran-kotoran yag berpotensi menghambat gerak kipas. Rapikan kabel-kabel dan bersihkan kotoran agar lebih tertata dan tidak mengganggu ruang gerak kipas yang lainya.

Kemungkinan lain terjadinya bunyi berisik kipas adalah kipas pada computer anda memiiki RPM(Revolutions perMinute) yang berukuran besar.RPM merupakan ukuran dari rotasi fan dalam waktu 60 detik.Makin tinggi RPM.makin besar pula decibel (dB)-nya,sehingga suara yang dihasilkan pun akan cukup mengganggu telinga.Untuk mengatasi hal ini,tidak ada jalan lain selain mengganti kipas computer anda.Dan perhatikan spesifikasi RPM dan decible saat membeli kipas,agar kipas dapat berputar dengan tenang dan tentunya ini akan berakibat pada pekerjaan anda bukan?

Semoga bermanfaat,terimakasih……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: