h1

Speaker tidak mengeluarkan suara

May 30, 2009

Kejadian ini pernah saya alami beberapa waktu lalu.Malam itu saya pulang dari warnet membawa file mp3 yang baru saya download.Lagu dari Mr.Big berjudul “go go Power rangers”.Saya telah lama mencari lagu tersebut,dan waktu itu saya benar-benar merasakan kepuasan karena berhasil mendapatkan lagu impian saya.Tetapi sampai dirumah,waktu memutar file tersebut,speaker tidak mengeluarkan suara.Setelah saya coba perbaiki,speaker saya berhasil mengeluarkan suara.Walaupun memakan waktu yang cukup lama,tapi saya puas bisa merasakan dentuman musik metal dari Mr.Big.

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan ketika speaker pada PC anda tidak mengeluarkan suara:

  1. Cek kabel yang terhubung dari speaker ke computer.Apakah konektor sudah terpasang dengan benar.Karena banyak konektor yang terdapat pada soundcard di motherboard,perlu di cek ulang penempatanya.
  2. Anda dapat megganti dengan speaker lain (headphone) untuk memastikan jika terdapat kerusakan pada speaker utama.Jika dengan speaker yang baru anda pasang,suara dapat terdengar,berarti masalah terletak pada speaker anda.
  3. Jika dengan speaker yang baru terpasang tetap tidak terdengar suara,kemungkian terjadi kerusakan software atau driver soundcard.
  4. Sebenarnya keterangan dari driver soundcard yang sudah terpasang atau belum dapat diketahui ketika anda memutar file mp3 atau WAV menggunakan software player yang terpasang pada computer anda.Jika muncul keterangan,seperti “driver soundcard belum terinstal” berarti bisa dipastikan software yang perlu pembenaran.Atau bisa anda perhatikan pada petuntuk waktu pada player anda.Jika penunjuk waktu tersebut tidak berjalan,berarti kerusakan ada pada software.
  5. Atau anda dapat melakukan pengecekan melalui starmenu -> control panel -> pilih sound and audio devices.Disitu anda akan mendapat keterangan tentang soundcard dan drivernya.Apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.
  6. Untuk kerusakan pada software,silahkan anda install driver yang cocok.Jika driver sudah terinstal,lakukan install ulang driver.Tidak menutup kemungkinan ada kesalahan pada instalasi driver sebelumnya.

Sekian,semoga bermanfaat…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: